SMAN 1 TANJUNG BELAJAR MENULIS BERITA ONLINE

Senin, 30 Mei 2022 13:00

Editor : Tim PPID SMANTAN

TANJUNG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB mengadakan bimbingan teknis menulis berita online. SMAN 1 Tanjung Kabupaten Lombok Utara NTB  mengirim satu perwakilan guru dan siswanya. Peserta pelatihan diikuti 25 orang dari sekolah SMA, SMK dan SLB se Kabupaten Lombok Utara bertempat di ruang Pusat Sumber Belajar SMAN 1 Tanjung mulai dari pukul 13.00 Wita sampai 16.00 wita.

Komposisi naskah berita online terdiri  judul berita, baris tanggal, teras berita, dan tubuh berita. Unsur berita harus terdapat 5W+1H, Who (siapa), What (apa), When (kapan), Where (dimana), Why (mengapa) dan How (bagaimana). Disampaikan Fairuz Abadi, Kabid Kebudayaan Provinsi NTB sebagai fasilitator.

Ia membimbing peserta pelatihan membuat satu contoh berita dan menampilkan hasil kerjanya untuk dievaluasi bersama. Komponen 5W+1H dianalisis secara teliti sehingga menghasilkan karya yang baik. Kami senang dan antusias mengikuti kegiatan karena diberikan pengalaman langsung.

Jangan pernah takut mencoba menulis berita. Hasil karya yang baik didapat dari jam terbang dan pengalaman.  Diakhir kegiatan Fairuz menugaskan peserta memuat hasil kerjanya diwebsite sekolah dengan mencantumkan //dayangunungmenulis. (agus sutha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *