SOSIALISASI PENDAFTARAN SELEKSI NASIONAL BERDASARKAN PRESTASI (SNBP)

Selasa, 14 Februari 2023

Editor: Tim Media SMA Negeri 1 Tanjung

 

 

Tanjung – Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) merupakan sistem baru Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) yang penilaiannya berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor serta portofolio akademik dan non akademik siswa. Pendaftaran jalur prestasi (SNBP) dikhususkan kepada siswa kelas 12 di SMA/MA/SMK yang eligible dan telah memiliki akun pendaftaran. Tahun ini SMA negeri 1 Tanjung mendapat kuota 104 siswa eligible, dengan rincian 52 siswa MIPA, 40 siswa IPS dan 12 siswa BB.

 

Seiring dengan dibukanya Pendaftaran Pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), maka SMA Negeri 1 Tanjung melakukan sosialisasi Pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) di Auditorium SMA Negeri 1 Tanjung pada Selasa, 14 Februari 2023.  Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Sekolah, ketua dan sekretaris Tim PDSS, Koordinator dan guru Bimbingan Konseling, serta 100 siswa eligible SMA Negeri 1 Tanjung.

 

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Kepala SMAN 1 Tanjung, Fatmawati, S.Ag., M.M. Dalam sambutannya beliau  mengucapkan syukur atas kuota eligible sebanyak 104 siswa dari 259 siswa kelas XII. Beliau juga  menyampaikan hal-hal yang perlu diperhatikan saat mengikuti SNBP ini antara lain menurunkan ego dalam memilih Program Studi, melihat peluang,  berdiskusi dengan orang tua terkait PTN dan Program Studi yang diminati serta memperhatikan akreditasi Program Studi atau jurusan yang akan dipilih.

 

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh sekretaris PDDS, Rodi Artono, S.Pd. Beliau menghimbau siswa untuk melengkapi berkas-berkas yang dibutuhkan pada pendaftaran SNBP ini dan memperhatikan batas waktu pedaftaran.

 

Pemateri berikutnya,  Wakil kepala sekolah bagian kurikulum sekaligus ketua panitia PDSS, I Nyoman Budhi Astawa, S.Pd., M.M. Beliau memperjelas hal-hal yang disampaikan oleh Kepala SMAN 1 Tanjung, Fatmawati, S.Ag., M.M pada sambutan sebelumnya. Materi berikutnya disampaikan oleh Galuh Ratnawati, S.Pd. Beliau menjelaskan tentang kelengkapan pendaftaran bidik misi.

 

Kegiatan diakhiri dengan diskusi terkait hal-hal yang belum dipahami siswa tentang pendaftaran SNBP.  Semoga dengan diadakannya kegiatan ini siswa lebih  paham tentang alur pendaftaran  dan pemilihan Program Studi (Prodi) di  pendaftaran SNBP ini.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *