KARNAVAL BUDAYA MANDALIKA 2023

Kamis, 2 Maret 2023

Editor : Tim Media SMAN 1 Tanjung

 

 

Tanjung-Pada hari Rabu, 1 Maret 2023, SMA Negeri 1 Tanjung ikut berpartisipasi dalam Karnaval Budaya Mandalika 2023 yang dilaksanakan di Pantai Kuta Mandalika, Lombok Tengah. Pada karnaval ini SMA Negeri 1 Tanjung mengirimkan 16 siswa yang didampingi oleh Kepala Sekolah serta 9 orang guru dan staf Tata Usaha.

 

Karnaval Budaya Mandalika 2023 ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan dan menyukseskan Event World Super Bike di Kawasan Mandalika International Street Circuit tanggal 3-5 Maret 2023. Selain itu, Karnaval Budaya Mandalika 2023 ini juga merupakan bentuk dukungan untuk kemajuan pariwisata di Nusa Tenggara Barat dan untuk melestarikan budaya Bau Nyale.

 

Karnaval Budaya Mandalika 2023 diikuti oleh tujuh kabupaten/kota se-Pulau Lombok dengan masing-masing kontingen terdiri dari 150 orang, sehingga ada sekitar 1.250 peserta yang mengikuti Karnaval Budaya Mandalika ini. Para peserta karnaval berasal dari berbagai daerah yang ada di pulau Lombok, baik dari Kabupaten Lombok Timur, Lombok Tengah, Lombok Barat, Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Utara (KLU). Para kontingen melakukan pawai di jalan umum dengan menampilkan atraksi budaya, mengenakan pakaian adat yang menunjukkan identitas masing-masing daerah.

 

Pada Karnaval Budaya Mandalika 2023 ini, Kontingen dari Lombok Utara mengenakan pakaian adat Jong Bayan dan menampilkan atraksi budaya berupa tarian Gegerok Tandak. Jong biasanya digunakan pada acara-acara adat seperti maulid adat, lebaran adat, ngasuh bumi dan lain sebagainya. Setiap perempuan yang menggunakan jong, diharuskan untuk menjaga sikap, prilaku dan tutur kata. Sedangkan Tari Gegerok Tandak merupakan jenis tarian yang pertama kali ada dalam wilayah Bayan, tanpa menggunakan alat musik. Gegerok Tandak ini diperkirakan terbentuk sejak adanya islam di Bayan, hal ini disimpulkan dari fungsi Tarian Gegerok itu sendiri yang hanya digunakan untuk Ritual hitanan (sunatan).

 

Kegiatan Karnaval Budaya Mandalika 2023 berjalan dengan lancar dan meriah. Semoga dengan diadakannya Karnaval Budaya Mandalika 2023 ini dapat mengenalkan budaya Lombok di mata dunia.

 

  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *