PENDAFTARAN PESERTA KOMPETISI SAINS NASIONAL TINGKAT KABUPATEN/KOTA (KSN-K) TAHUN 2023

Kamis, 2 Maret 2023

Editor : Tim Media SMAN 1 Tanjung

 

Tanjung- KSN adalah ajang Kompetisi Sains bagi pelajar SD, SMP, dan SMA di seluruh Indonesia yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia.

Kompetisi Sains Nasional (KSN) diharapkan dapat meningkatkan mutu peserta didik dalam menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta mendukung tercapainya pemerataan prestasi. Selain sebagai sebuah strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pemerataan prestasi, kompetisi sains telah memiliki posisi khusus di berbagai ajang bergengsi di kancah internasional dalam penguasaan bidang sains dan teknologi. Melalui sistem kompetisi yang sistematis dan berjenjang, diharapkan dapat membangun ruang untuk mengeksplorasi kemampuan dalam bidang sains dan tercapainya puncak potensi terbaik.

Pencapaian prestasi yang maksimal akan ditunjukkan dengan lahirnya juara-juara kompetisi sains yang mumpuni dan berdaya saing tinggi dan siap berkompetisi mewakili Indonesia pada tingkat internasional.

 

Kompetisi Sains Nasional tahun 2023 dengan mata pelajaran yang diujikan meliputi Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Geografi, Astronomi, Kebumian, dan Teknologi Informatika.

Tahap seleksi awal Kompetisi Sains Nasional (KSN) tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dilaksanakan Kompetisi Sains Nasional Tingkat Sekolah (KSN-S)

Pelaksanaan KSN-S ini dilakukan oleh masing-masing sekolah yang hendak mengirimkan perwakilan siswanya untuk mengikuti tahapan-tahapan seleksi KSN ke tingkat selanjutnya yaitu tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional, dan internasional.

Peserta yang lolos seleksi KSN-S melakukan pendaftaran langsung untuk mengikuti KSN-K ke Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional mulai dari tanggal 1-24 Maret 2023.

Sebelum melakukan pendaftaran, para peserta KSN-K SMA Negeri 1 Tanjung mendapatkan arahan dari Kepala SMA Negeri 1 Tanjung, Fatmawati, S.Ag., M.M., di ruang computer pada Kamis, 2 Maret 2023. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, operator KSN-K, para Pembina KSN-K, dan 45 siswa peserta KSN-K.

 

Dalam arahannya, Fatmawati, S.Ag., M.M. berharap agar para peserta KSN-K SMA Negeri 1 Tanjung mampu bersaing di tingkat kabupaten. Setelah mendapat arahan, para peserta KSN-K melakukan pendaftaran secara daring didampingi oleh operator KSN-K dan pembina masing-masing.

Semoga para peserta KSN-K dari SMA Negeri 1 Tanjung mampu bersaing di tingkat kabupaten dan lolos ke tingkat provinsi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *