BMKG GOES TO SCHOOL

Kamis, 9 Maret 2023

Editor : Tim Media SMAN 1 Tanjung

 

 

Tanjung-Pada Kamis, 9 Maret 2023, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kelas III Mataram melaksanakan kegiatan BMKG Goes TO School di Auditorium SMA negeri 1 Tanjung. Kegiatan ini dihadiri oleh 4 staf Stasiun Geofisika Kelas III Mataram, yaitu Denny Valeri Siregar, STr.Geof., Rizqa Adhary Putri, S.Tr., I Made Sudiartha, dan Eli Supriatna, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dan hubungan masyarakat, serta siswa-siswi kelas X dan XI SMA Negeri 1 Tanjung.

 

BMKG Goes to School merupakan kegiatan yang rutin dilakukan oleh BMKG sebagai upaya peningkatan mitigasi bencana gempabumi dan tsunami. Kegiatan ini selain berisi edukasi mengenai pengertian gempabumi dan tsunami serta cara mitigasinya juga mengenalkan Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika seperti yang disampaikan oleh Denny Valeri Siregar, STr.Geof., staf Stasiun Geofisika Kelas III Mataram.

 

“Kami datang ke SMA Negeri 1 Tanjung untuk melakukan sosialisasi mengenai bagaimana mitigasi bencana gempa bumi dan tsunami dan juga ditambah dengan mengenai sosialisasi mengenai Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau STMKG ke SMA Negeri 1 Tanjung. Adapun tujuan dari sosialisasi kami adalah untuk memperkenalkan atau memberikan informasi bagaimana Langkah-langkah dan mitigasi bencana gempa bumi dan tsunami di kalangan siswa-siswi SMA dan juga untuk guru-guru yang ada di SMA Negeri 1 Tanjung. Selanjutnya kita juga memberikan informasi mengenai Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika kepada adik-adik siswa-siswi SMA Negeri 1 Tanjung untuk bisa melanjutkan dan mengetahui adanya sekolah kedinasan BMKG di Tangerang Selatan atau Bintaro, itu bisa menjadi lanjutan untuk adik-adik di SMA bisa melanjut di sekolah kedinasan di STMKG yang nantinya lulusan dari STMKG ini akan langsung menjadi PNS di lingkungan BMKG itu sendiri.” ujar Denny Valeri Siregar, STr.Geof., staf Stasiun Geofisika Kelas III Mataram, Kamis (09/03/2023).

 

Para siswa dan guru sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Diskusi tentang fenomena Gempa Bumi dan Tsunami serta cara mitigasinya berlangsung dengan semangat dan meriah.

 

Dengan adanya kegiatan sosisalisasi ini diharapkan para peserta kegiatan sosialisasi akan lebih mengerti akan fenomena-fenomena alam yang terjadi di sekitar daerah tempat tinggal masing-masing terutama berkaitan dengan meteorologi, klimatologi dan geofisika. Peserta juga diharapkan akan lebih peduli, semakin siap dan tanggap dalam menghadapi potensi-potensi kebencanaan khususnya yang berkaitan dengan meteorologi, klimatologi dan geofisika.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *