PELAKSANAAN ASESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (ANBK) TAHUN 2023 DI SMA NEGERI 1 TANJUNG

Senin, 28 Agustus 2023

Editor : Tim Media SMAN 1 Tanjung

 

 

 

Tanjung – Pada Senin, 28 Agustus 2023 SMA Negeri 1 Tanjung melaksanakan ANBK hari pertama di ruang Komputer SMA Negeri 1 Tanjung pada pukul 07.30-09.40 WITA. Peserta ANBK dari SMA Negeri 1 Tanjung berjumlah 50 siswa dengan rincian 45 siswa sebagai peserta utama dan 5 siswa sebagai peserta cadangan. Kegiatan ini didampingi oleh 2 proktor dan 1 teknisi serta 2 orang pengawas silang dari SMA Negeri 1 Pemenang.

Kegiatan ini bertujuan memetakan mutu pendidikan pada seluruh sekolah, madrasah, dan program kesetaraan jenjang dasar dan menengah. Perubahan mendasar pada asesmen nasional adalah tidak lagi mengevaluasi capaian murid secara individu, tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan juga output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Asesmen Nasional terdiri dari tiga instrumen, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid, Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid, Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

Instrumen ANBK yang diujikan hari ini adalah Literasi dan Survei Karakter. Berkat koordinasi dengan berbagai pihak, kegiatan ANBK bisa berjalan dengan lancar. Selajutnya hasil dari ANBK ini akan ditampilkan dalam raport pendidian yang nantinya menjadi dasar bagi sekolah untuk menentukan arah kebijakan sekolah dalam menyusun program kegiatan.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *