KEGIATAN IN HOUSE TRAINING (IHT) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK SMA NEGERI 1 TANJUNG TP. 2022/2023

SMA Negeri 1 Tanjung-Dalam rangka menyambut kurikulum baru, SMA Negeri 1 Tanjung menyelenggarakan In House Training Implementasi Kurikulum Merdeka Program Sekolah Penggerak Tahun Pelajaran 2022/2023 pada 30 Juni s.d 15 Juli 2022 bertempat di Laboratorium Kimia SMA Negeri 1 Tanjung dengan menghadirkan narasumber dari Tim Pelatihan Komite Pembelajaran Program Sekolah Penggerak SMA Negeri 1 Tanjung. Acara ini merupakan persiapan menuju pemberlakuan kurikulum merdeka di tahun ajaran baru mendatang. Materi IHT : 1. Orientasi Program Sekolah Penggerak, Pelaksanaan IHT, serta Refleksi Pembelajaran Paradigma Baru/Kurikulum Merdeka; 2. Pembelajaran Mandiri Micro Learning; 3. Pemahaman Capaian Pembelajaran; 4. Penyusunan KOS Bagian 1 : Analisis Karakteristik Satuan Pendidikan, Visi, Misi, Tujuan Satuan Pendidikan; 5. Perancangan Pembelajaran Bagian 1 : Menyusun TP dan ATP; 6. Perancangan Pembelajaran Bagian 2 : Modul Ajar; 7. Perancangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila; 8. Penyusunan KOS Bagian 2 : Pengorganisasian Pembelajaran di Satuan Pendidikan; 9.Perencanaan Berbasis Data; 10. Pengenalan Platform Teknologi Prioritas.

Kepala SMA Negeri 1 Tanjung, Fatmawati, S.Ag., M.M dalam sambutannya melalui IHT ini bapak dan ibu guru dapat lebih memahami tentang apa itu kurikulum merdeka dan cara pengimplementasiannya. Sehingga sekolah dapat mengambil keputusan bersama tentang kurikulum yang akan dilaksanakan di tahun pelajaran yang baru nanti.

IHT  Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) ini  dibuka oleh Kepala KCD Lombok Utara, H. Lalu Rodi Karyawan, S.Pd dan diikuti oleh seluruh guru SMA Negeri 1 Tanjung dengan tertib dan antusias menyambut perubahan kurikulum baru.

Tujuan IHT Implementasi Merdeka Belajar yaitu setelah mengikuti IHT, peserta diharapkan dapat : 1. Memahami, menganalisis, dan menyusun kerangka kurikulum operasional di satuan pendidikan antara lain, visi, misi, tujuan satuan pendidikan, menurunkan capaina pembelajaran (CP) menjadi tujuan pembelajaran (TP) dan alur tujuan pembelajaran (ATP), menyusun perangkat ajar (modul ajar dan perangkat lainnya), serta pengorganisasian pembelajaran; 2. memahami perencanaan projek penguatan profil pelajar pancasila dan memodifikasi contoh modul projek penguatan profil pelajar pancasila; 3. memahami prinsip, tujuan, dan metode dari perencanaan berbasis data yang digunakan untuk merencanakan program di satuan pendidikan; 4. mengetahui kegunaan dan perkembangan platform teknologi prioritas yang mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka.

Pada hari pertama IHT penyajian materi oleh Ibu Fatmawati, S.Ag., M.M memaparkan tentang Orientasi Program Sekolah Penggerak, Pelaksanaan IHT, serta Refleksi Pembelajaran Paradigma Baru/Kurikulum Merdeka dan Pembelajaran Mandiri Micro Learning.  IHT hari ini diakhiri dengan sesi diskusi, presentasi, dan pembagian tugas untuk menonton dan menganalisis video pada platform Merdeka Mengajar pada fitur Pelatihan Mandiri dirumah masing-masing .

Hari ke dua presentasi tugas  menganalisis video pada platform Merdeka Mengajar pada fitur Pelatihan Mandiri dan Pemahaman Capaian Pembelajaran oleh Bapak Ir. Moh. Iqbal dan dilanjutkan dengan diskusi kelompok.

Hari ke tiga dilanjutkan dengan presentasi tugas Pemahaman Capaian Pembelajaran oleh masing-masing kelompok dan penyajian materi Penyusunan KOS bagian 1 : Analisis Karakteristik Satuan Pendidikan, Visi, Misi, Tujuan Satuan Pendidikan oleh Ibu Galuh Ratnawati, S.Pd yang dilanjutkan dengan diskusi kelompok dan presentasi masing-masing kelompok.

Hari ke empat disajikan materi oleh Ibu Putu Desy Wulandari, S.Pd dengan materi Perancangan Pembelajaran Bagian 1 : Menyusun TP dan ATP kemudian dilanjutkan dengan diskusi guru per mapel dan presentasi hasil diskusi. Selanjutnya pemaparan materi Perancangan Pembelajaran Bagian 2 : Modul Ajar oleh Ibu Rohmawati, S.Pd. IHT hari ini diakhiri dengan diskusi kelompok dan presentasi hasil diskusi kelompok.

Hari ke lima dilanjutkan dengan presentasi tugas dari materi modul ajar, selanjutnya pemaparan materi Penyusunan KOS bagian 2 : Pengorganisasian Pembelajaran di Satuan Pendidikan oleh Bapak I Nyoman Budhi Astawa, M.M. dan dilanjutkan kembali dengan pemaparan materi Perancangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila oleh Ibu Ni Putu Sri Astitika, S.Pd.IHT hari ini diakhiri dengan diskusi kelompok dan presentasi hasil diskusi kelompok.

Hari ke enam dilanjutkan dengan presentasi tugas dari materi Perancangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila kemudian dilanjutkan dengan materi berikutnya yaitu Perencanaan Berbasis Data yang disampaikan oleh Ibu Fatmawati, S.Ag., M.M dan Bapak Ir. Moh. Iqbal dan setelah itu dilanjutkan dengan diskusi kelompok.

Hari ke tujuh dilanjutkan dengan presentasi tugas dari materi Perencanaan Berbasis Data dari masing-masing kelompok kemudian dilanjutkan dengan materi berikutnya yaitu Pengenalan Platform Teknologi Prioritas yang disampaikan oleh Ibu Fatmawati, S.Ag., M.M.

Dengan berakhirnya penyampaian materi Pengenalan Platform Teknologi Prioritas maka berakhir pula kegiatan In House Training (IHT) Implementasi Kurikulum Merdeka Program Sekolah Penggerak SMA Negeri 1 Tanjung TP. 2022/2023 yang dimulai dari tanggal 30 Juni s.d 15 Juli 2022 di ruang Laboratorium Kimia SMA Negeri 1 Tanjung. Kegiatan pun ditutup oleh Ibu Kepala SMA Negeri 1 Tanjung, Ibu Fatmawati, S.Ag., M.M. Beliau menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan IHT ini sehingga dapat berjalan dengan lancar.
Dan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman para peserta setelah mengikuti kegiatan IHT tentang Implementasi Kurikulum Merdeka maka para peserta pun mengerjakan post test dan evaluasi penyelenggaraan IHT dirumah masing-masing.

Semoga program In House Training Implementasi Kurikulum Merdeka Program Sekolah Penggerak SMA Negeri 1 Tanjung TP. 2022/2023 di SMA Negeri 1 Tanjung dapat memberikan wawasan terkait kurikulum merdeka serta meningkatkan kesiapan bapak dan ibu guru dalam menyambut penerapan Kurikulum Merdeka di tahun ajaran baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *