SOSIALISASI SELEKSI NASIONAL PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SNPMB) 2023

Rabu, 11 Januari 2023

Editor : Tim Media SMAN 1 Tanjung

 

Tanjung – Menjelang penerimaan mahasiswa baru Tahun 2023 SMA Negeri 1 Tanjung mulai melakukan sosialisasi terkait Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), sistem seleksi masuk perguruan tinggi negeri, Politeknik, Seleksi Prestasi Akademik Nasional  Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), KIP Kuliah, Kepolisian dan Angkatan, serta sekolah Kedinasan. Sosialisasi ini pada Selasa, 10 Januari 2023 di Auditorium SMA Negeri 1 Tanjung dan dihadiri oleh Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Tim PDSS, Wali kelas XII dan siswa-siswi kelas XII SMA Negeri 1 Tanjung.

 

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Kepala SMAN 1 Tanjung, Fatmawati, S.Ag., M.M. Dalam sambutannya beliau memberi arahan agar mengidentifikasi peluang yang ada dengan mengenali potensi diri, membaca peluang yang ada, dan menyesuaikan dengan kemampuan serta memanfaatkan peluang secara maksimal ketika akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

 

Kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi pembuatan akun Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) oleh Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum, I Nyoman Budhi Astawa, S.Pd., M.M. Beliau memaparkan SMAN 1 Tanjung mendapatkan kuota 40% dari siswa keseluruhan karena terakreditasi A, jadwal rangkaian kegiatan  SNPMB yang dimulai dari tanggal 16 Januari 2023 – 28 Maret 2023 serta hal-hal yang dibutuhkan dalam pembuatan akun SNPMB.

 

Selanjutnya sosialisasi SNPMB, Politeknik dan SPAN-PTKIN disampaikan oleh Rodi Artono, S.Pd. Beliau menjelaskan tiga jalur masuk PTN, pertama jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), kedua Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan yang ketiga jalur Mandiri serta Politeknik dan SPAN-PTKIN.

 

Selanjutnya sosialisasi KIP Kuliah oleh Galuh Ratnawati, S.Pd. Beliau menjelaskan poin-poin penting yang harus diisi Ketika mendaftar KIP Kuliah antara lain rekening listrik, rekening pajak bumi dan bangunan, foto tempat tinggal, sumber air (PAM atau sumur), kamar mandi, kendaraan, serta foto keluarga yang ditanggung orang tua.

 

Selanjutnya sosialisasi tentang kepolisian, Angkatan dan sekolah kedinasan oleh Dra. Hj. Irmayani Hasan dan Ir. Moh. Iqbal. Mereka memaparkan tentang hal-hal yang perlu dipersiapkan seperti Ijazah dari SD-SMA, akta lahir, rapot, latihan fisik, sekolah-sekolah kedinasan yang ada dan jenis tes seleksi sekolah kedinasan.

 

Semoga dengan adanya sosialisasi ini, siswa siswi kelas XII SMAN 1 Tanjung memahami alur Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) dengan baik sehingga mampu lulus ke perguruan tinggi yang diinginkan.

 

    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *