KEGIATAN DONOR DARAH DALAM RANGKA MEMPERINGATI HUT SMA NEGERI 1 TANJUNG KE-36

Sabtu, 4 Februari 2023

Editor : Tim Media SMAN 1 Tanjung

Tanjung – SMA Negeri 1 Tanjung menggelar aksi sosial “SMANTAN PEDULI” dengan melakukan donor darah pada Sabtu, 4 Februari 2023 di ruang Laboratorium SMA Negeri 1 Tanjung. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) SMA Negeri 1 Tanjung ke-36. Kegiatan donor darah ini merupakan kerjasama antara SMA Negeri 1 Tanjung, PMR SMA Negeri 1 Tanjung, PMI Lombok Utara dan Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Lombok Barat.

 

Tujuan diadakannya kegiatan donor darah ini yaitu untuk mensosialisasikan pentingnya rasa kepedulian sosial bagi masyarakat yang membutuhkan. Dengan mendonorkan darah, kita dapat membantu sesama yang sedang sakit atau mengalami kecelakaan dan membutuhkan darah. Selain itu, kegiatan donor darah juga memiliki manfaat tidak hanya bagi penerima donor saja, namun juga bagi pendonor dengan teregenerasinya sel-sel darah,lancarnya sirkulasi darah, hingga mencegah dari penyakit yang tidak kita inginkan.

 

Pada kegiatan donor darah kali ini tim medis yang telah disiapkan oleh PMI Lombok Utara sebanyak 7 orang dan UTD PMI Lombok Barat sebanyak 7 orang. Yang mendaftar sebanyak 42 orang terdiri dari guru, tenaga tata usaha, dan siswa-siswi SMA Negeri 1 Tanjung serta warga masyarakat Lombok Utara. Dan yang berhasil menjadi pendonor sebanyak 32 orang. Hal ini membuktikan adanya tingkat kepedulian yang tinggi dan semangat sosial dan tanpa pamrih. Dalam pengambilan darah setiap pendonor wajib mengisi formulir telebih dahulu, setelah itu diperiksa berat badan, tekanan darah, dan cek Hemoglobin (HB). Karena untuk mengikuti atau menjadi pendonor darah ada beberapa syarat khusus yang harus dipenuhi, yaitu usia minimal 17 tahun, berat badan minimal 50 kg, tidak sedang hamil, menyusui, dan menstruasi, tekanan darah dan HB normal serta tidak memiliki penyakit kronis. Apabila syarat tersebut terpenuhi maka darah akan diambil sebanyak 350 cc setiap orang.

 

Kegiatan ini berjalan lancar, tertib, dan aman serta berhasil mengumpulkan 32 kantong darah dengan rincian 3 kantong golongan darah A, 8 kantong golongan darah B, 19 kantong golongan darah O, dan 2 kantong golongan darah AB.

 

Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pihak baik dari PMR SMA Negeri 1 Tanjung, PMI Lombok Utara, Unit Transfusi Darah PMI Lombok Barat dan para pendonor. Semoga kegiatan donor darah ini dapat berlanjut di masa yang akan datang.

 

   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *