LOMBA SENI MURAL DALAM RANGKA MENYAMBUT HUT KE-37 SMA NEGERI 1 TANJUNG

Selasa, 13 Februari 2024

Editor : Tim Media SMAN 1 Tanjung

 

 

Tanjung – Pada Senin (12/02/2024), SMA Negeri 1 Tanjung mengadakan Lomba Seni Mural yang bertemakan “Aksi Pencegahan Narkoba dan Bullying”. Lomba ini dilaksanakan dalam rangka menyambut HUT ke-37 SMA Negeri 1 Tanjung. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh kelas X, XI, dan XII SMA Negeri 1 Tanjung yang terdiri dari 3 orang perwakilan masing-masing kelas.

Mural adalah cara menggambar atau melukis di atas media dinding, tembok atau permukaan luas yang bersifat permanen lainnya. Berbeda dengan grafiti yang lebih menekankan hanya pada isi tulisan dan kebanyakan dibuat dengan cat semprot maka mural tidak demikian, mural lebih bebas dan dapat menggunakan media cat tembok atau cat kayu bahkan cat atau pewarna apapun yang dapat menghasilkan gambar.

Setiap kelas diberi jatah dinding yang ada di halaman bagian depan dan di samping pintu masuk depan SMA Negeri 1 Tanjung sebagai media lukis. Adapun alat dan bahan yang digunakan seperti cat dan kuas disediakan oleh sekolah.

Manfaat didadakannya lomba mural adalah untuk membuat suasana sekolah menjadi lebih menyenangkan, sehingga para siswa akan menjadi lebih bersemangat untuk berangkat ke sekolah. Selain itu manfaat lainnya adalah sebagai ajang adu seni dan kreatifitas antar kelas dan sebagai wadah kepada siswa yang mempunyai bakat dalam bidang seni rupa sehingga para siswa bisa menyalurkannya lewat mural.

Adapun kriteria yang akan dinilai oleh juri yang terdiri dari Martin Gachami, S.Sn. dan Prody Megantara, S.Kom. pada lomba mural ini adalah ide/gagasan, kreativitas dan kesesuaian dalam tema.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *