SARAPAN BERSAMA DAN PEMBAGIAN TABLET TAMBAH DARAH, WUJUD SEKOLAH SEHAT BERGIZI DAN SEHAT IMUNISASI

Sabtu, 17 Februari 2024

Editor : Tim Media SMAN 1 Tanjung

 

 

Tanjung – Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan Tahun 2018, kondisi kesehatan pada usia anak sekolah dan remaja sangat mengkhawatirkan, khususnya terkait konsumsi makanan berisiko setiap hari, status gizi, kebersihan diri, dan aktivitas fisik. Oleh karena itu, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi meluncurkan program revitalisasi UKS melalui kampanye “Sekolah Sehat” untuk mengoptimalkan upaya promosi kesehatan di satuan pendidikan melalui Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang selama ini belum optimal. Sejalan dengan langkah revitalisasi UKS di satuan pendidikan lewat kampanye “Sekolah Sehat”, Mendikbudristek mencanangkan tiga gerakan utama yaitu sehat fisik, sehat bergizi, dan sehat imunisasi.

Untuk mewujudkan terbentuknya SMA Negeri 1 Tanjung sebagai Sekolah Sehat, yaitu sehat bergizi dan sehat imunisasi, SMA Negeri 1 Tanjung melaksanakan sarapan bersama dan pembagian tablet tambah darah untuk seluruh siswi SMA Negeri 1 Tanjung pada hari Sabtu, 17 Februari 2024.

Adapun manfaat sarapan pagi adalah meningkatkan energi, menaikkan metabolisme, menambah konsentrasi, meningkatkan kesehatan tubuh, terhindar dari penyakit kronis, menjaga kestabilan emosi, mengoptimalkan kerja otak, dan menstimulus kecerdasan. Kegiatan sarapan bersama juga bertujuan untuk menumbuhkan karakter positif pada diri siswa seperti peduli, tertib, disiplin, tenggang rasa, bertanggung jawab dan religius. Saat sarapan mereka bisa berbagi dengan teman yang kebetulan terlupa membawa bekal, harus tertib memulai dan mengakhiri sarapan, tidak melakukan hal-hal yang membuat tidak nyaman teman di sampingnya, bertanggung jawab terhadap sampah atau remah nasi yang tercecer dan mempraktikkan adab makan sesuai anjuran agama. Sedangkan pemberian tablet tambah darah untuk remaja putri bermanfaat untuk mencegah anemia, menunjang fase tumbuh kembang, menambal kebutuhan zat besi, menjaga kemampuan berpikir, menjaga daya tahan tubuh, dan investasi kesehatan jangka panjang.

Semoga dengan adanya kegiatan Sekolah Sehat ini dapat meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi peserta didik salah satunya dengan penerapan pola hidup bersih dan sehat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *