SUPERVISI PENGAWAS PEMBINA DI SMA NEGERI 1 TANJUNG

Sabtu, 11 Februari 2023

Editor : Tim Media SMA Negeri 1 Tanjung

TANJUNG – Pada Sabtu (11/02/2023), bertempat di ruang guru SMA Negeri 1 Tanjung diadakan Kegiatan supervisi administrasi pembelajaran guru oleh pengawas  SMA/SMK/SLB Cabang Dinas DIkbud Lombok Utara. Pengawas yang hadir adalah Koordinator Pengawas SMA/SMK/SLB se-Kabupaten Lombok Utara, Drs. M. Hakam Yamin, M.Si, Pengawas Pembina SMA Negeri 1 Tanjung, H. Jamil, S.Pd, Pengawas SMA/SMK/SLB se-Kabupaten Lombok Utara, Nasrun, M.Pd. Kegiatan supervisi ini diikuti oleh 33 guru  SMA Negeri 1 Tanjung.

 

Koordinator Pengawas SMA/SMK/SLB se-Kabupaten Lombok Utara, Drs. M. Hakam Yamin, M.Si,  menyampaikan tujuan dan manfaat supervisi  ini untuk mengetahui kelengkapan administrasi pembelajaran guru di SMA Negeri 1 Tanjung serta mengetahui sejauh mana pemahaman mereka tentang konsep-konsep perencanaan pembelajaran yang baik dan benar.

 

“Tujuan kami hadir di  SMAN 1 Tanjung dalam rangka supervisi adalah ingin mengetahui sejauh mana teman-teman guru memiliki administrasi persiapan proses pembelajaran. Karena administrasi persiapan ini penting terutama bagaimana mereka-mereka memprogramkan diri dalam rangka menjalankan tugas selaku fungsi guru di sekolahnya. Manfaatnya salah satu, kita akan tau sejauh mana teman-teman guru sudah memahami tentang konsep-konsep perencanaan pembelajaran yang baik, yang benar.” ujar Drs. M. Hakam Yamin, M.Si, Koordinator Pengawas SMA/SMK/SLB se-Kabupaten Lombok Utara, Rabu (11/02/2023)

 

Kegiatan supervisi ini dilakukan dengan membagi guru menjadi 3 kelompok yang masing-masing kelompok didampingi oleh seorang pengawas. Untuk mata pelajaran Bimbingan Konseling,  Sejarah, Sosialogi dan Antropologi, Geografi dan Ekonomi, PPKn serta seni budaya didampingi oleh Drs. M. Hakam Yamin, M.Si., di ruang komputer. Untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Olahraga dan PKWU didampingi oleh  Nasrun, M.Pd., di ruang Kepala Sekolah, sementara untuk mata pelajaran MIPA, Pendidikan agama, TIK, dan Muatan Lokal didampingi oleh   H. Jamil, S.Pd di ruang guru SMA Negeri 1 Tanjung.

 

Administrasi pembelajaran yang diperiksa oleh pengawas pada supervisi kali ini adalah Administrasi perencanaan, Administrasi pelaksanaan pembelajaran, dan Administrasi penilaian. Administrasi perencanaan meliputi Kalender pendidikan, Program Tahunan, Program Semester, Silabus, Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)/ Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) , Analisis KI/KD, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) atau Capaian pembelajaran (CP). Administrasi pelaksanaan pembelajaran meliputi Jadwal tatap muka, agenda harian/Jurnal guru, absensi siswa, buku pegangan guru, dan bahan ajar. Serta Administrasi penilaian yang meliputi analisi hasil ulangan, program remedial, Program Pengayaan, dan Kumpulan Bank Soal.

 

Kegiatan supervisi ini berjalan dengan lancar. Semoga dengan diadakannya supervisi ini dapat meningkatkan kualitas mengajar guru di kelas sehingga dapat meningkatkan kualitas belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Tanjung.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *