PERTEMUAN KESEBELAS PROGRAM ROOTS PENCEGAHAN PERUNDUNGAN BERSAMA AGEN PERUBAHAN SMA NEGERI 1 TANJUNG

Rabu, 1 November 2023

Editor: Tim Media SMAN 1 Tanjung

 

 

Tanjung- Pada Rabu (01/11/2023), SMA Negeri 1 Tanjung mengadakan kegiatan Roots Pencegahan Perundungan bersama Agen Perubahan SMAN 1 Tanjung di ruang Laboratorium Kimia SMA Negeri 1 Tanjung. Kegiatan ini dihadiri oleh Fasilitator guru, Dra. Mufrikhatul Walidaini serta 15 siswa Agen Perubahan Anti Perundungan SMA Negeri 1 Tanjung.

Program Roots merupakan program global pencegahan kekerasan di kalangan teman sebaya, yang berfokus pada upaya membangun iklim yang aman di sekolah. Program ini dijalankan dengan mengaktivasi peran siswa sebagai Agen Perubahan. Agen perubahan itu merupakan siswa-siswi yang memiliki pengaruh bagi teman sebaya untuk memberikan contoh agar berperilaku baik, dan menebarkan kebaikan. Anggota agen Perubahan di SMA Negeri 1 tanjung adalah siswi kelas X, XI, dan XII.

Pada pertemuan ini Para Agen perubahan diberikan materi modul 10 tentang Menuju Aksi yang Lebih Besar di Sekolah. Adapun Soft-skill yang akan dikembangkan oleh Agen Perubahan di Modul ini adalah Berpikir kritis, Pertemuan dan hubungan sosial/relationship, Keterampilan mendengarkan dan menanggapi respon dari teman sebaya, Anti kekerasan dan perundungan, Merencanakan aksi yang akan dilakukan bersama agen perubahan, dan Resiliensi (daya juang agen perubahan).

Aktivitas yang dilakukan pada pertemuan ini yaitu Dulu, Kini, dan Nanti, mendefinisikan Hashtags, serta mengisi lembar kerja Impianku, Aksiku, dan Ceritaku. Adapun tujuan kegiatan di modul ini adalah mengingatkan agen perubahan mengenai apa yang telah mereka lakukan dalam Program Roots ini untuk memotivasi mereka kembali, memahami alasan mengapa agen perubahan mencoba untuk membuat perubahan, membuat materi untuk menyampaikan pesan positif, dan memahami cara menggapai tujuan dari Program Roots.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *